Jumat, 07 Desember 2012

“BATIK BALITAR” Batik Motif Khas Kota Blitar pewarnaan modern.

Belum lengkap ke Kota Proklamator kalau belum ke Griya Batik Balitar yang jaraknya 500 meter dari Makam Ir. SOEKARNO. Tepatnya di Jl. Borobudur No. 28 Kota Blitar Jawa Timur Indonesia. Adalah Nanang Pramadi yang menjadi pioner batik yang berada di Blitar Kota, yang dimulai sejak th. 2007 kemaren. bermula dari seniman tari, seniman patung gembol kayu jati, terakota, dan ternyata sekarang malah menekuni seni batik, bermula dari batik kayu sampai sekarang ke batik tekstil atau kain.
Bermula belajar di Sendang Sari, Bantul Yogjakata, dan di Wirotaman Yogjakarta, maka dikembangkan sendiri di Kota Blitar dengan desain motif yang ada daerah Blitar s
endiri semacam; Sekar Jagad Blitar, Koi-Koi Blitar, Onthong-Onthong, Bintang Pancasila, Bendogeritan, dll.
Dengan pengalaman yang ada, tidak ada kepuasan tersendiri di teknis pewarnaannya, maka berpikar keras untuk memperoleh teknis pewarnaan yang simpel, hasil maksimal. Dari reverensi berbagai pihak, maka terciptalah teknik pewarnaan yang sangat memuaskan, hasil warna tajam, bahan murah, dijamin tidak luntur, perawatan sangat mudah. bahkan kami sudah menularkan pengalaman yang sangat berarti ini kepada saudara-saudara kami pembatik di Kota Probolinggo dan Situbondo Jawa Timur, melalui pelatihan yang dikoordinasi Dinas setempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar